Mata Kenangan Sepak Bola Nasional 2010



Januari
6, streaker menyelusup pada pertandingan kualifikasi Piala Asia antara tim Nasional Indonesia vs. Oman di Stadion gelora Bung Karno. Penonton yang bernama Hendry Mulyadi masuk ke lapangan saat pertandingan menjelang akhir, sempat menggiring bola hampir separuh lapangan hingga situasi one on one dengan Kiper Ali Al-Habsi. Pada pertandingan tersebut timnas kalah dengan skor 1-2 sekaligus memastikan kegagalan lolos ke Piala Asia 2011.
15 - 17, Kongres tahunan PSSI di Hotel Grand Hyatt Bandung, hanya menghasilkan keputusan fokus pembinaan pada usia dini.



Februari
19, Indonesia secara resmi dinyatakan tidak lolos tahap selanjutnya oleh FIFA pada proses bidding Piala Dunia 2022, dengan dasar alasan bahwa Indonesia gagal mengirim sejumlah dokumen jaminan sampai batas waktu yang ditentukan. Pengumuman itu disampaikan langsung sekretaris jenderal FIFA Jerome Valcke. Kelak yang akan mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 adalah Qatar.

Maret
30 - 31, Kongres Sepak bola Nasional (KSN) di Hotel Santika Malang. KSN yang dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini diadakan bermula dari keprihatinan dengan prestasi tim sepakbola nasional yang semakin terpuruk. Beberapa unsur yang datang ke hajatan ini KONI, Kemenegpora, KPK, Kejagung dan ICW. Penyelenggaraan menghabiskan dana 3 milyar. Dari sini pula sepak bola mulai dikisruhi dengan persaingan politik. Menghasilkan tujuh butir rekomendasi.

  1. PSSI perlu segera melakukan reformasi dan restrukturisasi atas dasar usul, saran dan kritik serta harapan masyarakat, dan mengambil langkah-langkah kongkret sesuai aturan yang berlaku untuk mencapai prestasi yang diharapkan masyarakat.
  2. Perlu adanya pembangunan dan peningkatan infrastruktur olahraga khususnya sepakbola.
  3. PSSI perlu meningkatkan komunikasi, koordinasi dan sinkronisasi dengan seluruh stake holder terutama KONI dan pemerintah.
  4. Dilakukan pembinaan sejak usia dini melalui penangan secara khusus melalui pendekatan IPTEK, dengan melibatkan tim yang terdiri dari dokter, psikolog, pemandu bakat, dan pakar olahraga, dan perlu segera disusun kurikulum standar nasional untuk penyelenggaraan Sekolah Sepakbola, PPLP dan PPLM sepakbola
  5. Metode pembinaan atlet pelajar/muda agar juga memperhatikan pendidikan formalnya.
  6. Pemerintah menyediakan anggaran dari APBN dan APBD untuk mendukung dan menunjang target dan pencapaian sasaran untuk menuju prestasi (karena dana APBD masih diperlukan untuk stimulan).
  7. Perlu segera disusun dan dilaksanakan program pembinaan prestasi yang fokus kepada pembentukan tim nasional untuk menjadi juara dalam SEA Games 2011.


April
14, Piala Indonesia 2010 dimulai. Sebelumnya, ajang ini bernama Copa Indonesia. Peserta Piala Indonesia adalah 18 klub Indonesia Super League, 12 klub Divisi Utama dan dua klub Divisi Satu.
21, Sidang ke-19 Komisi Disiplin PSSI. Menghasilkan 46 keputusan, dengan nilai total denda sebesar Rp1.030.000.000,-

Mei
4, Alfred Riedl menjadi pelatih tim Nasional menggantikan posisi Benny Dollo.
26, Arema Indonesia memastikan diri sebagai juara liga Indonesia 2009/10 setelah menahan PSPS Pekanbaru di pekan 33. Di akhir kompetisi, tim asuhan Robert Rene Albert mengumpulkan total 73 poin dengan rincian 23 kali kemenangan, 4 seri dan 7 kali kalah.

Juni

Juli

Agustus
1, Final Piala Indonesia 2010, Sriwijaya FC mengalahkan Arema Indonesia dengan skor 2-1 di Stadion Manahan Solo. Ini sekaligus hattrick juara bagi Sriwijaya FC. Pertandingan babak kedua sempat tertunda sekitar satu jam. Kapolda Jawa Tengah Irjen (Pol) Alex Bambang Riatmodjo meminta wasit Jimmy Napitupulu diganti. Ia menilai wasit tidak adil dalam memimpin pertandingan.

September
17, Acara silaturahmi antara 20 klub sepakbola nasional bersama Gerakan Reformasi Sepakbola Nasional Indonesia (GRSNI) di Graha Jenggala, Jakarta melahirkan sebuah deklarasi.

Oktober
8, Pertandingan persahabatan dengan semifinalis Piala Dunia 2010, Uruguay. Sempat unggul lewat Boaz Solossa namun akhirnya kalah 1 - 7. Teriakan "Nurdin turun" pun kemudian bergema keras di dalam Stadion GBK.
24, Liga Primer Indonesia (LPI) dideklarasikan di Semarang. Ada 17 klub sepakbola profesional yang menyatakan kemauan mereka akan sebuah perubahan.

November
3, Sejarah awal naturalisasi pemain sepak bola di Indonesia. Christian Gonzales resmi menjadi Warga Negara Indonesia setelah mendapatkan passport bernomor W149516 yang dikeluarkan Imigrasi Kelas I Jawa Barat. Maka topskorer Liga Indonesia empat kali ini dapat bermain untuk tim nasional Indonesia.

Desember
1, Piala AFF dimulai. Malaysia menjadi lawan pertama dan terakhir timnas Indonesia. Setelah kekalahan besar di awal turnamen, Malaysia bangkit dan menjadi juara baru. Pada penyelenggaraan kali ini, Filipina membuat langkah besar dengan lolos ke semifinal. Ditandai juga dengan munculnya fenomena pemberitaan yang massif dari media elektronik dan cetak pada timnas, politisasi timnas dan kisruh tiket pertandingan. Makin menguatnya tuntutan mundur pada Nurdin yang diinisiasi oleh berbagai elemen suporter dalam berbagai wujud selama turnamen.

@dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment